Soloraya
Selasa, 16 April 2024 - 16:29 WIB

Ratusan Orang Ikuti Salat Jenazah Quatly Abdulkadir Alkatiri di Masjid Assegaf

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga membawa keranda jenazah Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah Quatly Abdulkadir Alkatiri seusai disalatkan di Masjid Jami Assegaf Solo, Selasa (16/4/2024). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO– Ratusan orang mengikuti salat jenazah untuk Wakil Ketua DPRD Jateng Quatly Abdulkadir Alkatiri di Masjid Jami Assegaf, Solo, Selasa(16/4/2024) siang.

Pantauan Solopos.com, kerabat dan sahabat Quatly memenuhi area Masjid Jami Assegaf. Mereka menunaikan Salat Zuhur dan Salat jenazah.

Advertisement

Kemudian jenazah diberangkatkan ke permakaman Islam Klumprit, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Dinas Perhubungan Kota Solo, Satlantas Polresta Solo, dan sejumlah ormas membantu mengatur lalu lintas di sekitar Masjid Jami Assegaf.

Tampak hadir sejumlah figur, antara lain Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah Sumarno, kemudian Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa sempat ke rumah duka sebelum jenazah diberangkatkan ke Masjid Jami Assegaf. Ada juga Ketua DPRD Jateng Sumanto.

Sekda Jateng Sumarno menjelaskan Quatly menjadi anggota DPRD Jateng dengan dasar agama yang yang kuat. “Selama ini kami bekerja sama dengan baik. Diskusi juga berjalan baik, komunikasi kami dengan teman-teman DPRD bisa cair melalui Pak Quatly,” jelas dia.

Advertisement

Menurut dia, Pemprov Jateng turut berbela sungkawa. Dia berharap ada yang meneruskan perjuangan Quatly di DPRD Jateng.

Sementara Wawali Solo Teguh Prakosa mengatakan pernah bertugas bersama Quatly di DPRD Kota Solo. Banyak kontribusi Quatly untuk masyarakat Kota Solo.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Solo, Daryono menjelaskan Quatly pernah menjadi Ketua PKS di Eropa. Quatly kembali ke Tanah Air dari Jerman sekitar 2000 dan menjadi Ketua DPD PKS Kota Solo.

Advertisement

“Pemilu 2004 PKS berhasil mendapatkan empat kursi [DPRD Kota Solo] dari semula satu kursi. Beliau punya kepribadian yang luar biasa waktu itu, hal yang berkesan bagi para kader tentang kedisiplinan. Mungkin beliau membawa budaya Eropa ke sini, kami banyak belajar disiplin,” jelas dia ditemui di rumah duka di Wiropaten, Kelurahan/Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

Menurut Daryono, Quatly menjadi anggota DPRD Kota Solo tiga periode kemudian menjadi anggota DPRD Jateng pada Pemilu 2019. Quatly memperoleh suara tidak lebih dari 30.000 suara. Jumlah suara yang didapat Quatly pada Pemilu 2024 sekitar 80.000 suara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif