News
Kamis, 28 Maret 2024 - 15:42 WIB

Pimpinan MPR Minta Pemda Antisipasi Ancaman bagi Pemudik

Redaksi Solopos.com  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik naik bus. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengingatkan para pemangku kepentingan untuk mengantisipasi sejumlah potensi ancaman yang dihadapi para pemudik Lebaran 2024 berdasarkan pengalaman tahun lalu.

“Sejumlah jalur mudik yang merupakan lokasi rawan kecelakaan dan bencana alam harus menjadi perhatian semua pihak untuk menekan potensi ancaman bagi para pemudik,” ujar Rerie, sapaan karibnya, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Advertisement

Hal itu disampaikannya saat membuka diskusi daring bertema Mudik Aman dan Nyaman Menyambut Idul Fitri 2024 yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12.

Dia menyebut mudik yang aman dan nyaman dengan beragam jenis moda transportasi selalu menjadi dambaan masyarakat setiap tahunnya, namun kerap kali terjadi kecelakaan, kejahatan, dan potensi ancaman cuaca ekstrem di masa mudik lebaran.

Oleh sebab itu, upaya antisipasi sejumlah potensi kendala di masa mudik lebaran harus dipersiapkan dengan baik oleh semua pihak guna mewujudkan mudik yang aman dan nyaman, termasuk masyarakat.

Advertisement

Dia menilai kesiapan masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik memegang peranan penting untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan di jalan, di samping kesiapan para aparat pemerintah pusat dan daerah, maupun operator transportasi.

“Mudik merupakan kegiatan tahunan yang merupakan tradisi yang luar biasa sehingga perlu diantisipasi berdasarkan pengalaman tahun lalu agar masa mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan aman dan nyaman,” katanya seperti dikabarkan Antara.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir sejumlah narasumber diantaranya Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol. Raden Slamet Santoso, Executive Vice President Passangers and Sales PT KAI Ririn Widiastuti, hingga Grup Head Pelayanan Kapal PT Pelindo Arif Hermawan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif