Soloraya
Jumat, 26 April 2024 - 09:56 WIB

Peringati HKB, BPBD Klaten Gelar Simulasi Penanganan Gempa di Gantiwarno

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Simulasi penanganan bencana gempa bumi digelar di Desa Gesikan, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, Jumat (26/4/2024). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten menggelar simulasi kesiapsiagaan dan penanganan bencana gempa bumi di Lapangan Gesikan, Kecamatan Gantiwarno, Jumat (26/4/2024) pagi. Kegiatan itu digelar untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024.

Simulasi melibatkan siswa SD, SMP, serta SLB setempat. Selain itu, kegiatan melibatkan sukarelawan dari berbagai komunitas.

Advertisement

Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Syahruna, mengatakan penanganan yang dilakukan melakukan penanganan terpadu. Seluruh klaster penanganan bencana juga diaktifkan pada simulasi tersebut.

“Baik itu klaster dapur umum, kesehatan, maupun pencarian,” jelas Syahruna saat ditemui di sela simulasi. Syahruna menjelaskan simulasi menjadi bagian kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Beberapa daerah berada di wilayah sesar di antaranya wilayah Kecamatan Gantiwarno, Wedi, serta Prambanan. Pada gempa bumi 2006, wilayah Gantiwarno menjadi salah satu daerah terdampak. “Kegiatan ini sekaligus mengevaluasi sekolah aman bencana yang sebelumnya sudah kami latih,” ungkap dia.

Advertisement

Selain simulasi, pagi itu juga dilakukan rangkaian peringatan hari kesiapsiagaan bencana. Pada puncak kegiatan tepatnya pukul 10.00 WIB, bakal dilakukan pemukulan kentongan serta membunyikan sirine serentak di seluruh wilayah Klaten.

Berdasarkan pantauan, para siswa menyimulasikan cara mereka evakuasi mandiri ketika terjadi gempa. Tim evakuasi juga menyimulasikan proses pencarian hingga mempraktikkan proses evakuasi korban. Tak hanya itu, dalam simulasi juga dipraktikkan trauma healing.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif