Soloraya
Rabu, 24 April 2024 - 19:24 WIB

Tuding Pencitraan Pj. Bupati, Ketua DPRD Karanganyar Kritik Medsos Diskominfo

Redaksi Solopos.com  /  Kaled Hasby Ashshidiqy  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu unggahan di akun Instagram Diskominfo karanganyar. (Instagram)

Solopos.com, KARANGANYAR — Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo, kembali mengkritik beberapa hal yang terkait Penjabat (Pj) Bupati Karanganyar, Timotius Suryadi. Kali ini soal media sosial Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Karanganyar yang disoal.

Akun medsos Diskominfo Karanganyar dinilai sering mengunggah konten yang mengarah pada pencitraan Pj Bupati Timotius. Padahal, menurut Bagus, Diskominfo memiliki peran sebagai wadah informasi Pemkab Karanganyar.

Advertisement

Diskominfo harusnya lebih banyak mengunggah konten tentang kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD) seperti pelayanan publik. Bisa konten seperti bagaimana cara mengurus izin, bagaimana proses membayar pajak, pelayanan Disdukcapil, dan lainnya.

“Itu loh pelayanan perizinan, RSUD, puskesmas, bagaimana kinerja OPD, pendidikan, kesehatan, pertanian, dan banyak lagi. Lah kok sing di upload hanya kegiatan Pj. Bupati,” kata Bagus kepada Solopos.com, Rabu (24/4/2024).

Advertisement

“Itu loh pelayanan perizinan, RSUD, puskesmas, bagaimana kinerja OPD, pendidikan, kesehatan, pertanian, dan banyak lagi. Lah kok sing di upload hanya kegiatan Pj. Bupati,” kata Bagus kepada Solopos.com, Rabu (24/4/2024).

Medsos Diskominfo, lanjut Bagus, harusnya bisa menjadi wadah informasi yang dibutuhkan masyarakat. Termasuk informasi tentang APBD. Bukan malah menjadi ajang pencitraan Pj. Bupati Karanganyar yang tidak menampakkan kinerja di tiap OPD.

Ia meambahkan, medsos Diskominfo harus menunjukkan transparansi dan akuntabilitas menuju Indonesia Emas 2045 dimana perlunya pembenahan tata kelola pemerintahan yang baik.

Advertisement

Bagus mengaku sudah menegur langsung Diskominfo agar memperbaiki manajemen konten medsos mereka. Ketua DPC PDIP Karanganyar ini juga meminta Diskominfo  mempublikasikan hasil pembangunan di Karanganyar agar masyarakat dapat melihat dan merasakan manfaatnya secara langsung.

Diskominfo juga diharapkan bisa memublikasikan upaya-upaya Pemkab dalam mengembangkan UMKM dan meningkatkan pendapat masyarakat.

“Semua orang Karanganyar ingin merasakan hasil pembangunan seperti apa. Bukan kok tugas Diskominfo itu meng-upload kegiatan bupati saja, apalagi bupati hadir di kegiatan yang tidak menampakkan kegiatan OPD, hanya ajang menaikkan popularitas saja namun efek ke masyarakat kecil, tidak bisa dirasakan,” sentil Bagus.

Advertisement

Kepala Diskominfo Karanganyar, Isnan Nur Azis, mengaku telah menerima teguran dari Ketua DPRD beberapa hari lalu. Pihaknya langsung menggelar rapat bersama tim medsos dan publikasi.

“Ini masukan yang baik dan langsung kita tindaklanjuti. Kita lakukan perbaikan lah,” kata dia.

Saat ini, Isnan mengatakan memiliki sembilan personel tim publikasi. Enam orang personil di lapangan dan tiga orang yang mengelola video dan foto hasil peliputan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif