Unik! Kuliner Soto Bancar Khas Purbalingga Topping Bakso & Saus Kacang

Keunikan dari Soto Bancar ini dengan sajian soto-soto lainnya lain adalah adanya tambahan saus kacang, bakso dan kerupuk merah putih dalam penyajiannya.

Solopos.com, PURBALINGGA Soto Bancar merupakan salah satu kuliner khas daerah Desa Bancar, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Sekilas soto ini mirip dengan Soto Sokaraja khas Kabupaten Banyumas. Namun yang membedakan sekaligus menjadi keunikan dari soto-soto lain adalah adanya tambahan saus kacang, bakso, dan kerupuk merah putih dalam penyajiannya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di kanal Youtube Emzy Ardiwinata, Kamis (23/9/2021), salah satu penjual Soto Bancar yang terkenal di pusat Kota Kabupaten Purbalingga adalah Soto Bancar Pak Joko yang sudah berdiri sejak 1983. Lokasi warung ini hanya berjarak sekitar 2 km dari alun-alun Kota Purbalingga.

Lokasi tepatnya berada di Jalan Jendral Sudirman, Bacar,  atau berada tepat disamping Sungai Kalilarangan. Pak Joko yang merupakan penjual Soto Bancar menjelaskan, selain diberi topping saus kacang, keunikan lain dari soto ini adalah ada pada tekstur kuahnya yang kental. Selain itu, Soto Bancar ini juga ada tambahan topping bakso sebagai salah satu pilihan.

Baca Juga: Kebakaran Kandang Ayam di Tegowanu Grobogan, 20.000 Ayam Terpanggang

Harga Soto Bancar sendiri dipatok sesuai topping yang dipilih, jika toppingnya bakso dihargai Rp15.000 per porsi, sedangkan Soto Bancar dengan topping suwiran ayam dihargai Rp20.000 dan jika topping-nya suwiran daging sapi dihargai Rp25.000 per porsi.

Isi dari soto ini sudah pasti mengenyangkan karena selain tekstur kuahnya yang kental, komponen sotonya juga melimpah ruah sehingga sudah pasti siapapun yang menyantap akan kenyang dan puas. Soto Bancar Pak Joko ini buka 12 jam, dari jam 9.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Setiap harinya, Pak Joko dan tim menghanbiskan sekitar 10 kilo daging sapi yang diolah menjadi bakso atau suwiran sebagai topping tambahan. Jika ingin menambah sensasi pedas, bisa menambahkan sambal yang terbuat dari cabai merah, cabai rawit dan tomat. Karena terdapat saus kacang tersebut, rasa yang ada di Soto Bancar ini tentunya ada sensasi manisnya.

Baca Juga: Ketan Pencok, Berawal dari Coba-Coba hingga Jadi Ikon Kuliner Brebes

Isian dari Soto Bancar ini terdiri dari nasi, mi soun, kecambah, daun bawang, suwiran atau topping (ayam,daging sapi, atau bakso), kerupuk merah putih dan tidak lupa saus kacang yang memberikan senasi kekentalan dan rasa manis serta gurih pada soto ini.


Berita Terkait

Berita Terkini

Pengakuan Mbah Minto Bacok Maling Ikan Gegara Disetrum

Mbah Minto yang melakukan penganiayaan terhadap maling ikan di Demak mengaku aksinya dilakukan untuk membela diri.

Inspiratif! Tunanetra di Temanggung Dilatih Jadi Barista

Belasan penyandang disabilitas sensorik netra atau tunanetra di Temanggung dilatih cara meracik kopi ala barista.

Berkunjung ke Tobelo, Ganjar Dianugerahi Gelar Kesatria

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dianugerahi gelar kesatria oleh suku Tobelo saat berkunjung di Halmahera Utara, Maluku Utara.

Waduh! Praktik Ayam Kampus di Kota Semarang Marak

Satpol PP Kota Semarang mengungkapkan praktik prostitusi mahasiswi atau ayam kampus di tempat indekos cukup marak.

Korban Susur Sungai Ciamis asal Brebes Baru Masuk Ponpes 3 Bulan

Salah satu korban tragedi susur sungai di Ciamis merupakan bocah asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng).

Ikonik! Menara Kembar di Pekalongan Jadi Penjara Tercantik di Indonesia

Menara kembar di kompleks Lapas Kota Pekalongan, Jawa Tengah, ini ikonik dan bernilai sejarah, bahkan menjadi penjara tercantik di Indonesia.

Indahnya Puncak Natas Angin: Ada Petilasan Bung Karno - Wali Songo

Setiap bulan suro atau muharam, para peziarah sering datang ke tempat-tempat petilasan tersebut untuk menaikan doa. Setelah mereka berziarah, mereka akan mengambil air suci yang dianggap sebagai berkah bagi para peziarah.

Polda Jateng Ungkap Alasan Tahan Kakek di Demak yang Bacok Maling

Polda Jateng ungkap alasan melakukan penahanan terhadap Mbah Minto, kakek penjaga kolam ikan di Demak yang bacok pencuri.

Walah! Tunggakan PBB di Semarang Capai Rp35 Miliar

Tunggakan pembayaran pajak bumi dan bangunan atau PBB tahun 2021 di Kota Semarang mencapai Rp35 miliar.

Heboh Banteng vs Celeng, Ganjar Tapak Tilas Sukarno di Ternate

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berkunjung ke Kesultanan Ternate yang juga pernah dikunjungi Sukarno saat polemik banteng vs celeng tengah mencuat.

Selfie Membawa Maut, Dua Ibu Muda di Banyumas Tersambar Kereta

Selfie membawa maut dialami dua ibu muda di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) yang tersambar kereta saat asyik berswafoto di jalur kereta api.

Srumbung Gunung Buat Master Plan Menuju Desa Wisata Kreatif Perdamaian

Visual 3 dimensi master plan yang sudah final telah ditunjukkan kepada masyarakat Srumbung Gunung di acara soft opening Gazebo Kuliner Nusantara.

Ini Dia 4 Masjid di Semarang dengan Bangunan Unik

Masjid di Kota Semarang berjumlah ribuan dan beberapa di antaranya memiliki bentuk bangunan yang unik.

Lezatnya Tiwul Lava Merapi, Ada yang Meleleh

Kuliner tiwul lava merapi menjadi salah satu makanan unik yang patut dicoba saat berkunjung ke wilayah Magelang, Jawa Tengah.

Rujak Belut Khas Brebes, Lembut Legit Lazizzz, Mau Coba?

Rujak belut merupakan kuliner khas Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang lezat, gurih, dan sedap tiada tanding.

Diramalkan Kelep, Rumah Warga di Pesisir Semarang Ini Nyaris Amblas

Selain di Kabupaten Demak, wilayah di kawasan pantai utara (Pantura) Jawa Tengah yang terancam tenggelam adalah Kota Semarang, khususnya daerah pesisir.