UNS Bangun Menara 11 Lantai di Eks Rumah Rektor

Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo membangun menara berketinggian 11 lantai di lahan eks rumah dinas rektor UNS yang selesai akhir 2021.

 Sejumlah alat berat didatangkan untuk pembangunan Menara UNS di eks lahan rumah dinas rektor UNS di Kentingan, Jebres, Solo, Jateng, Jumat (28/5/2021). (Solopos.com-Akhmad Ludiyanto)

SOLOPOS.COM - Sejumlah alat berat didatangkan untuk pembangunan Menara UNS di eks lahan rumah dinas rektor UNS di Kentingan, Jebres, Solo, Jateng, Jumat (28/5/2021). (Solopos.com-Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo membangun menara berketinggian 11 lantai. Rencananya, menara yang berlokasi di lahan eks rumah dinas rektor UNS itu selesai pada akhir tahun 2021 ini.

Bangunan yang dinamai Tower UNS atau Menara UNS ini akan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan kantor di UNS seperti Career Develompet Center (CDC), serta fasilitas/sentra bisnis yang disewakan untuk umum. Selain itu, bangunan yang terletak sebelah barat gapura bulevar UNS juga akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung hotel UNS Inn yang saat ini berdiri di sisi utara (calon) Menara UNS.

Fasilitas itu antara lain kolam renang dan sentra olah raga. Antara menara dengan UNS Inn tersebut akan dibuat akses untuk mempermudah mobilitas pengunjung kedua gedung tersebut. Di puncak Gedung Menara UNS akan ditancapkan menara untuk keperluan Information Communication Technology (ICT).

Baca Juga: Menhan Pertanyakan Kejujuran Penyingkap Mafia Alutsista

Sementara itu, rumah dinas rektor UNS akan menempati satu lantai di Menara UNS tersebut. Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan, pembangunan menara itu merupakan optimalisasi aset UNS yang dinilai kurang produktif.

“Ini optimalisasi aset di lahan rumah dinas yang sudah 18 tahun. Setelah dilakukan berbagai pertimbangan kami memutuskan untuk membangun tower di sana. Apalagi lokasinya juga strategis di depan [UNS] dan di pinggir jalan [Jl Ir. Sutami],” ujarnya di sela-sela acara peletakan batu pertama pembangunan menara tersebut, Jumat (28/5/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa menara berdiri pada lahan seluas sekitar 5.000 meter persegi dengan ketinggian total 76 meter. “Bentuknya nanti dua bangunan yang membentuk angka 11 yang berarti 11 Maret dan tingginya total 76 [termasuk menara ICT] yang melambangkan tahun kelahiran UNS. Ornamen utama menara adalah budaya Jawa,” imbuh Jamal.

Biaya Rp131 M

Menurutnya, pembangunan menara ini akan menelan dana sekitar Rp131 miliar dan melibatkan PT Pembangunan Perumahan, PT Virama Karya, dan PT Pandu Persada. Direncanakan, pembangunan akan selesai akhir tahun. “Targetnya 31 Desember [2021]. Insya Allah bisa selesai karena dikerjakan oleh pengembang yang bagus,” ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Wikan Sakarinto mengatakan pembangunan Menara UNS merupakan lambang lompatan kampus tersebut. “Ini baik sekali dan ini adalah bukti lompatan yang dilakukan UNS,” ujar Wikan yang juga hadir memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Sementara itu, rumah dinas rektor UNS sudah dirobohkan sejak beberapa waktu lalu. Saat ini lahan sudah mulai digali dengan sejumlah alat berat.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos


Berita Terkait

Berita Terkini

Profil Denny Caknan, Penyanyi & Pencipta Lagu dari Ngawi Yang Ngefans Didi Kempot

Berikut profil Denny Caknan, Penyanyi sekaligus pencipta lagu pop Jawa dengan lirik bermakna patah hati yang terinspirasi dari Didi Kempot.

Ketika Swab Test di Buleleng Berakhir Ricuh, Dandim Mengaku Dipukul, TNI Hajar Warga

Video anggota TNI memukuli warga Buleleng, Bali, viral di media sosial. Insiden itu kabarnya dipicu pemukulan kepala Dandim, namun dibantah warga.

Wadidaww, Penyaluran Bansos Bakal Dipantau Pakai Satelit?

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut dengan bantuan satelit Kemensos bisa mengecek langsung kondisi penerima bansos. Kemensos dapat mengetahui posisi dan kondisi rumah.

Vaksin Nusantara Diminati Turki, Siap Impor 5,2 Juta Dosis

Vaksin Nusantara besutan mantan Menyeri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, ternyata sudah mencuri hati negara lain.

Hore, Data Penerima Bantuan Subsidi Upah Diusulkan Tambah 1,5 Juta Pekerja

Sebanyak 1,5 juta data pekerja peserta diusulkan BPJS Ketenagakerjaan menerima bantuan subsidi upah atau BSU tahap III.

Meski Kemarau Basah, 24 Desa di Jateng Dilanda Kekeringan

Sebanyak 24 desa yang mengalami kekeringan berada di 7 kabupaten di Jateng.

Rusunawa Semanggi Solo Bakal Dirobohkan, Penghuni Meminta Solusi

Warga keberatan jika harus menyewa kos maupun kontrak rumah

Mendikbud Ristek Keluhkan 12 Daerah Belum Izinkan PTM Termasuk Jateng, Ganjar Bilang Ini

Jateng menjadi salah satu dari 12 wilayah yang dikeluhkan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, karena belum bolehkan PTM digelar.

Ini 3 Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan, namun juga menyiapkan strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Semburan Gas Rawa Sragen - Jl RM Said Wonogiri Ditutup Saat Malam

Ulasan tentang semburan gas rawa di Sragen hingga penutupan jalan di Wonogiri masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM dengan penurunan level hingga 30 Agustus. Topik ini menjadi berita utama dalam Koran Solopos hari ini, Selasa (24/8/2021).

Logika Waktu Pendek

Revolusi industri 4.0 menjanjikan banyak kemajuan sekaligus menjanjikan banyak ancaman pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik.

Dipicu Kepala Dandim Dipukul, Anggota TNI Hajar Pemuda Buleleng

Pihaknya mengaku bakal membicarakannya terlebih dahulu dengan berbagai tokoh masyarakat.

Viral, Bupati Banjarnegara Sebut Menteri Luhut Penjahit

Video itu saat pembagian jaring pengaman sosial di Desa Bawang, Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/8/2021).

Ciaaaat... Perguruan Silat Digandeng untuk Operasi Kerumunan

Sasaran yang ditertibkan adalah masyarakat yang berkerumun tanpa mematuhi protokol kesehatan.