UNS Buka Jalur Mandiri Sarjana Gelombang Kedua, Yuk Daftar

Seleksi Mandiri UNS adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Buat lulusan SMA dan sederajat, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuka pendaftaran Seleksi Mandiri (SM) gelombang dua untuk program sarjana tahun 2021. Pendaftaran Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) gelombang dua dimulai 30 Juni-10 Juli 2021.

Kepala UPT SPMB UNS, Prof. Dr. Hadiwiyono mengatakan, SM UNS adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN. Adapun pendaftaran gelombang kedua ini dibuka untuk SMJU. Yaitu Jalur seleksi yang diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir.

Melalui jalur ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan Nilai UTBK yang dikeluarkan oleh LTMPT tahun 2021. Atau Nilai Ujian Tulis (UTUL) yang diselenggarakan oleh UNS.

Baca juga: Unik, Wisuda Luring-Daring UNS Plus Peragaan Busana Bernuansa Adat

Sedangkan persyaratan mengikuti SMJU adalah mengikuti dan memiliki Nilai UTBK 2021 yang diselenggarakan LTMPT tahun 2021. Atau mengikuti dan memiliki Nilai UTBK 2021 dan Ujian Tulis (UTUL) UNS tahun 2021.

Selain itu memiliki prestasi non akademik (jika ada). Antara lain sertifikat prestasi kejuaraan bidang penalaran, minat/bakat, keagamaan, dan lainnya. Baik pada tingkat provinsi/nasional/ internasional sebagai juara 1, 2, atau 3 yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA. Termasuk juga sertifikat Hafidzul Al-Quran (minimal 15 Juz) atau hafalan Al-Kitab yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA.

SMJU-UTBK dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Saintek dan Soshum dengan ketentuan peserta dapat memilih dua Program Studi (Prodi) Sarjana. Jika Prodi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek. Dipersyaratkan peserta memiliki sertifikat hasil UTBK LTMPT kelompok ujian Saintek atau kelompok ujian Campuran. Sedangkan SMJU-UTUL dipersyaratkan peserta mengikuti ujian tulis UNS kelompok ujian Saintek.

Seleksi Mandiri Jalur Ujian UNS

Baca juga: Cegah Covid-19, Yuk Bikin Hand Sanitizer dari Ekstrak Daun Mangga

Jika Prodi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, dipersyaratkan peserta memiliki Sertifikat Hasil UTBK LTMPT kelompok ujian Soshum atau kelompok ujian Campuran. Sedangkan SMJU-UTUL dipersyaratkan peserta mengikuti ujian tulis UNS kelompok ujian Soshum.

Jika Prodi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, dipersyaratkan peserta memiliki Sertifikat Hasil UTBK LTMPT kelompok Campuran. Sedangkan SMJU-UTUL dipersyaratkan peserta mengikuti ujian tulis UNS kelompok ujian kelompok campuran.

“Pada SMJU-UTBK maupun SMJU-UTUL Prodi Kedokteran hanya dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA saja Pada SMJU-UTUL Prodi Soshum dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA/SMK jurusan IPA dan IPS,” ujar Prof. Hadiwiyono, Rabu (30/6/2021).

Baca juga: UNS Jalin Kerja Sama dengan Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Ini Tujuannya

Pada SMJU-UTUL untuk Prodi Saintek hanya dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA/SMK jurusan IPA. Kecuali Prodi Saintek antara lain Psikologi, Agribisnis, serta Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian dapat dipilih oleh lulusan SMA/MA jurusan IPA dan IPS.

Biaya pendidikan mahasiswa baru yang diterima melalui Seleksi Mandiri UNS tahun 2021 terdiri atas Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Uang Kuliah Tunggal dipungut per semester sampai selesai masa studi (nominal UKT bervariasi untuk masing-masing program studi).

Sumbangan Pengembangan Institusi dipungut sekali selama studi pada awal tahun kuliah dengan pembayaran dapat diangsur dua kali (nominal SPI bervariasi untuk setiap program studi). Bagi pemegang KIP-K yang lulus seleksi mandiri dibebaskan dari UKT dan SPI.

Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri

Baca juga: Kreativitas Mahasiswa UNS Rintis Makosta, Masker Khusus Anak

Untuk simulasi ujian akan dilaksanakan pada 12 dan 13 Juli 2021 dan ujian secara online akan dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Juli 2021. Hasil SMJU baik menggunakan ujian tulis maupun nilai UTBK akan diumumkan pada tanggal 19 Juli 2021.

Biaya pendaftaran SMJU-UTBK LTMPT sebesar Rp 200.000 sedangkan untuk SMJU-UTUL UNS sebesar Rp 350.000. Informasi lebih lengkap tentang pendaftaran SMJU Program Sarjana UNS dapat dilihat melalui laman https://spmb.uns.ac.id.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Profil Denny Caknan, Penyanyi & Pencipta Lagu dari Ngawi Yang Ngefans Didi Kempot

Berikut profil Denny Caknan, Penyanyi sekaligus pencipta lagu pop Jawa dengan lirik bermakna patah hati yang terinspirasi dari Didi Kempot.

Ketika Swab Test di Buleleng Berakhir Ricuh, Dandim Mengaku Dipukul, TNI Hajar Warga

Video anggota TNI memukuli warga Buleleng, Bali, viral di media sosial. Insiden itu kabarnya dipicu pemukulan kepala Dandim, namun dibantah warga.

Wadidaww, Penyaluran Bansos Bakal Dipantau Pakai Satelit?

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut dengan bantuan satelit Kemensos bisa mengecek langsung kondisi penerima bansos. Kemensos dapat mengetahui posisi dan kondisi rumah.

Vaksin Nusantara Diminati Turki, Siap Impor 5,2 Juta Dosis

Vaksin Nusantara besutan mantan Menyeri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, ternyata sudah mencuri hati negara lain.

Hore, Data Penerima Bantuan Subsidi Upah Diusulkan Tambah 1,5 Juta Pekerja

Sebanyak 1,5 juta data pekerja peserta diusulkan BPJS Ketenagakerjaan menerima bantuan subsidi upah atau BSU tahap III.

Meski Kemarau Basah, 24 Desa di Jateng Dilanda Kekeringan

Sebanyak 24 desa yang mengalami kekeringan berada di 7 kabupaten di Jateng.

Rusunawa Semanggi Solo Bakal Dirobohkan, Penghuni Meminta Solusi

Warga keberatan jika harus menyewa kos maupun kontrak rumah

Mendikbud Ristek Keluhkan 12 Daerah Belum Izinkan PTM Termasuk Jateng, Ganjar Bilang Ini

Jateng menjadi salah satu dari 12 wilayah yang dikeluhkan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, karena belum bolehkan PTM digelar.

Ini 3 Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan, namun juga menyiapkan strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Semburan Gas Rawa Sragen - Jl RM Said Wonogiri Ditutup Saat Malam

Ulasan tentang semburan gas rawa di Sragen hingga penutupan jalan di Wonogiri masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM dengan penurunan level hingga 30 Agustus. Topik ini menjadi berita utama dalam Koran Solopos hari ini, Selasa (24/8/2021).

Logika Waktu Pendek

Revolusi industri 4.0 menjanjikan banyak kemajuan sekaligus menjanjikan banyak ancaman pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik.

Dipicu Kepala Dandim Dipukul, Anggota TNI Hajar Pemuda Buleleng

Pihaknya mengaku bakal membicarakannya terlebih dahulu dengan berbagai tokoh masyarakat.

Viral, Bupati Banjarnegara Sebut Menteri Luhut Penjahit

Video itu saat pembagian jaring pengaman sosial di Desa Bawang, Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/8/2021).

Ciaaaat... Perguruan Silat Digandeng untuk Operasi Kerumunan

Sasaran yang ditertibkan adalah masyarakat yang berkerumun tanpa mematuhi protokol kesehatan.