UNS Fintech Center Gelar Capacity Building Pelaksana Pengelolaan Keuangan Daerah

UNS Fintech Center memberikan edukasi bagi pegawai pemerintah Kota Salatiga di bidang kesehatan seperti pengelola Puskesmas, lalu mahasiswa dan masyarakat.

 Mengusung tema “Capacity Building Pelaksana Pengelolaan Keuangan Daerah secara Digital”, UNS Fintech Center menggelar kegiatan pengabdian masyarakat ini digelar secara luring dengan protokol kesehatan ketat pada Kamis (10/6/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Mengusung tema “Capacity Building Pelaksana Pengelolaan Keuangan Daerah secara Digital”, UNS Fintech Center menggelar kegiatan pengabdian masyarakat ini digelar secara luring dengan protokol kesehatan ketat pada Kamis (10/6/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-- Center for Fintech and Banking Universitas Sebelas Maret (UNS Fintech Center) memberikan edukasi bagi pegawai pemerintah Kota Salatiga di bidang kesehatan seperti pengelola Puskesmas, lalu mahasiswa dan masyarakat.

Mengusung tema “Capacity Building Pelaksana Pengelolaan Keuangan Daerah secara Digital”, kegiatan pengabdian masyarakat ini digelar secara luring dengan protokol kesehatan ketat pada Kamis (10/6/2021).

Pada kesempatan ini hadir Kepala UNS Fintech Center, Irwan Trinugroho, Ph.D yang menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara. Adapun materi disampaikan oleh Dr. Aldy Fariz Achsanta, Sutaryo, SE., MSI., AK., CA., CRA., CRP., dan Dr. Taufiq Arifin, M.Sc., CA, Ak, CRA.

Membuka sesi materi, Aldy Fariz Achsanta membahas perihal New Normal of Financial Literacy. Yakni sebuah pendekatan baru dalam meningkatkan literasi keuangan pada masa pandemi.

Baca Juga: Mulai Besok, Seluruh Mal dan Pusat Perbelanjaan Buka Maksimal Jam 8 Malam!

Analisis Laporan Keuangan

Sementara itu, dua pemateri berikutnya sama-sama mengulik keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BULD). Sutaryo memberi materi tentang artikulasi laporan keuangan BLUD Puskesmas. Baik dalam aspek akuntabilitas dan transparansi, serta terkait dengan Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa tujuan laporan keuangan BLUD antara lain untuk menyajikan informasi bagi pengguna dalam menilai akuntabilitas dan membuat berbagai keputusan ekonomi, sosial, maupun politik.

“Selain itu, artikulasi laporan keuangan juga dipaparkan berdasarkan manfaat dan antar jenis laporan keuangan seperti neraca dan lain-lain,” jelasnya.

Baca Juga: Biar Enggak Rugi, Kapan Waktu yang Tepat Beli Properti?

Sementara itu, Taufiq Arifin menjabarkan analisis laporan keuangan BLUD Puskesmas. Materi ini berupa pembedahan laporan keuangan BLUD Puskesmas mulai dari catatan atas laporan keuangan, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan SAL, neraca, laporan operasional, dan laporan realisasi anggaran.

Tidak hanya itu, penyampaian materi dilengkapi pula dengan contoh-contoh kasus dan perumusan masalah yang dapat membuat gambaran secara riil kepada hadirin. Termasuk penggunaan model digital dalam pelaporan keuangan di sektor publik, terutama di bidang layanan kesehatan.


Berita Terkait

Berita Terkini

Profil Denny Caknan, Penyanyi & Pencipta Lagu dari Ngawi Yang Ngefans Didi Kempot

Berikut profil Denny Caknan, Penyanyi sekaligus pencipta lagu pop Jawa dengan lirik bermakna patah hati yang terinspirasi dari Didi Kempot.

Ketika Swab Test di Buleleng Berakhir Ricuh, Dandim Mengaku Dipukul, TNI Hajar Warga

Video anggota TNI memukuli warga Buleleng, Bali, viral di media sosial. Insiden itu kabarnya dipicu pemukulan kepala Dandim, namun dibantah warga.

Wadidaww, Penyaluran Bansos Bakal Dipantau Pakai Satelit?

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut dengan bantuan satelit Kemensos bisa mengecek langsung kondisi penerima bansos. Kemensos dapat mengetahui posisi dan kondisi rumah.

Vaksin Nusantara Diminati Turki, Siap Impor 5,2 Juta Dosis

Vaksin Nusantara besutan mantan Menyeri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, ternyata sudah mencuri hati negara lain.

Hore, Data Penerima Bantuan Subsidi Upah Diusulkan Tambah 1,5 Juta Pekerja

Sebanyak 1,5 juta data pekerja peserta diusulkan BPJS Ketenagakerjaan menerima bantuan subsidi upah atau BSU tahap III.

Meski Kemarau Basah, 24 Desa di Jateng Dilanda Kekeringan

Sebanyak 24 desa yang mengalami kekeringan berada di 7 kabupaten di Jateng.

Rusunawa Semanggi Solo Bakal Dirobohkan, Penghuni Meminta Solusi

Warga keberatan jika harus menyewa kos maupun kontrak rumah

Mendikbud Ristek Keluhkan 12 Daerah Belum Izinkan PTM Termasuk Jateng, Ganjar Bilang Ini

Jateng menjadi salah satu dari 12 wilayah yang dikeluhkan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, karena belum bolehkan PTM digelar.

Ini 3 Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan, namun juga menyiapkan strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Semburan Gas Rawa Sragen - Jl RM Said Wonogiri Ditutup Saat Malam

Ulasan tentang semburan gas rawa di Sragen hingga penutupan jalan di Wonogiri masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM dengan penurunan level hingga 30 Agustus. Topik ini menjadi berita utama dalam Koran Solopos hari ini, Selasa (24/8/2021).

Logika Waktu Pendek

Revolusi industri 4.0 menjanjikan banyak kemajuan sekaligus menjanjikan banyak ancaman pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik.

Dipicu Kepala Dandim Dipukul, Anggota TNI Hajar Pemuda Buleleng

Pihaknya mengaku bakal membicarakannya terlebih dahulu dengan berbagai tokoh masyarakat.

Viral, Bupati Banjarnegara Sebut Menteri Luhut Penjahit

Video itu saat pembagian jaring pengaman sosial di Desa Bawang, Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/8/2021).

Ciaaaat... Perguruan Silat Digandeng untuk Operasi Kerumunan

Sasaran yang ditertibkan adalah masyarakat yang berkerumun tanpa mematuhi protokol kesehatan.