UNS Kerja Sama Dengan CRUA Panama, Ini Yang Didapatkan

Kedua belah pihak sepakat untuk memformalisasi kerja sama melalui kesepakatan yang dituangkan ke dalam Letter of Collaboration (LoC).

 Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menandatangani Letter of Collaboration (LoC) dengan Fakultas Arsitektur dan Desain Universidad de Panama Centro Regional Universitario de Azuero (CRUA). (Solopos.com-Humas UNS)

SOLOPOS.COM - Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menandatangani Letter of Collaboration (LoC) dengan Fakultas Arsitektur dan Desain Universidad de Panama Centro Regional Universitario de Azuero (CRUA). (Solopos.com-Humas UNS)

Solopos.com, SOLO – Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menandatangani Letter of Collaboration (LoC) dengan Fakultas Arsitektur dan Desain Universidad de Panama Centro Regional Universitario de Azuero (CRUA), Rabu (19/5/2021).

Penandatanganan LoC bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Panama City. Naskah LoC ditandatangani secara terpisah. Perwakilan dari CRUA menandatangani LoC terlebih dulu disaksikan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Indonesia untuk Panama Sukmo Harsono.

Acara penandatanganan LoC dihadiri langsung oleh Direktur CRUA Leonardo Collado Trejos dengan didampingi Koordinator Fakultas Arsitektur dan Desain CRUA Tomas Correa.

Sedangkan Dekan FT UNS, Dr. Techn. Ir. Sholihin As'ad bersama Kepala Program Studi (Prodi) S-2 Arsitektur FT UNS, Dr. Ars. Avi Marlina. Kemudian Kepala Prodi S-1 Arsitektur FT UNS, Dr. Untung J. Cahyono, Kepala Laboratorium URDC Labo, Dr. Eng Kusumaningdyah N. H. Juga perwakilan dosen Prodi S-2 Arsitektur FT UNS, Dr. Hardiyati mengikuti acara penandatanganan melalui Zoom Meeting.

Baca juga: Teknik Sipil UNS Membahas Lokasi Ibu Kota Negara, Aman dari Gempa?

Kedua belah pihak sepakat untuk memformalisasi kerja sama melalui kesepakatan yang dituangkan ke dalam LoC. Draf awal LoC disampaikan oleh UNS dan kemudian disepakati oleh CRUA untuk durasi selama lima tahun.

Hal-hal yang disepakati antara FT UNS dengan Fakultas Arsitektur dan Desain CRUA meliputi program kuliah tamu. Kemudian pertukaran materi pendidikan, penelitian, publikasi, dan kolaborasi proyek penelitian.

Dekan FT UNS, Sholihin As'ad mengatakan pihaknya akan berusaha keras mewujudkan dan memperkuat kerja sama dengan CRUA dengan dukungan dari KBRI Panama City.

“Panama bisa menjadi titik awal untuk menjangkau negara lain di wilayah Amerika Tengah dan Amerika Latin,” ujar Dekan FT UNS Sholihin As'ad.

Baca juga: Cek Lur! Ini Formasi CPNS dan P3K se-Soloraya, Mana Paling Banyak?

Titik Awal

Lebih lanjut, ia mengharapkan kedua belah pihak dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman yang sesuai dengan bidang keilmuan untuk memecahkan permasalahan yang ada.

“Kami berharap Prodi Arsitektur menjadi titik awal. Juga berharap bisa mengembangkan kerja sama bidang keteknikan yang lain. Juga di luar bidang teknik,” ungkapnya.

Kerja sama antara UNS dengan CRUA merupakan bentuk tindak lanjut dari dukungan yang diberikan KBRI Panama City sejak akhir Desember 2020 yang lalu.

Baca juga: UNS Jawametrik 2021: UNS Peringkat Satu, UI dan UGM Sepuluh Besar

Sukmo Harsono mengatakan penjajakan kerja sama telah dilakukan secara daring. Ia juga mengungkapkan harapannya agar kerja sama tersebut dapat meningkat kedepannya.

“Penandatanganan perjanjian kerja sama ini sangat special. Karena ini perjanjian antaruniversitas yang pertama kalinya sejak saya bertugas sebagai Duta Besar untuk Panama akhir 2020. Saya harap kerja sama ini ada saling kunjung dari pihak Panama ke Indonesia maupun sebaliknya. Serta kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan people-to-people contact,” ujar Sukmo Harsono.

Penandatanganan LoC antara FT UNS dengan Fakultas Arsitektur dan Desain CRUA merupakan bentuk keseriusan di antara keduanya. Sebelum LoC ditandatangani, kedua belah pihak telah beberapa kali mengadakan kegiatan secara daring.

Seperti kuliah tamu pada 15 April 2021 oleh dosen Fakultas Arsitektur dan Desain CRUA, Tomas Correa. Kemudian pada 28 April 2021 oleh Dosen FT UNS, Kusumaningdyah Nurul.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Profil Denny Caknan, Penyanyi & Pencipta Lagu dari Ngawi Yang Ngefans Didi Kempot

Berikut profil Denny Caknan, Penyanyi sekaligus pencipta lagu pop Jawa dengan lirik bermakna patah hati yang terinspirasi dari Didi Kempot.

Ketika Swab Test di Buleleng Berakhir Ricuh, Dandim Mengaku Dipukul, TNI Hajar Warga

Video anggota TNI memukuli warga Buleleng, Bali, viral di media sosial. Insiden itu kabarnya dipicu pemukulan kepala Dandim, namun dibantah warga.

Wadidaww, Penyaluran Bansos Bakal Dipantau Pakai Satelit?

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut dengan bantuan satelit Kemensos bisa mengecek langsung kondisi penerima bansos. Kemensos dapat mengetahui posisi dan kondisi rumah.

Vaksin Nusantara Diminati Turki, Siap Impor 5,2 Juta Dosis

Vaksin Nusantara besutan mantan Menyeri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, ternyata sudah mencuri hati negara lain.

Hore, Data Penerima Bantuan Subsidi Upah Diusulkan Tambah 1,5 Juta Pekerja

Sebanyak 1,5 juta data pekerja peserta diusulkan BPJS Ketenagakerjaan menerima bantuan subsidi upah atau BSU tahap III.

Meski Kemarau Basah, 24 Desa di Jateng Dilanda Kekeringan

Sebanyak 24 desa yang mengalami kekeringan berada di 7 kabupaten di Jateng.

Rusunawa Semanggi Solo Bakal Dirobohkan, Penghuni Meminta Solusi

Warga keberatan jika harus menyewa kos maupun kontrak rumah

Mendikbud Ristek Keluhkan 12 Daerah Belum Izinkan PTM Termasuk Jateng, Ganjar Bilang Ini

Jateng menjadi salah satu dari 12 wilayah yang dikeluhkan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, karena belum bolehkan PTM digelar.

Ini 3 Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan, namun juga menyiapkan strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Semburan Gas Rawa Sragen - Jl RM Said Wonogiri Ditutup Saat Malam

Ulasan tentang semburan gas rawa di Sragen hingga penutupan jalan di Wonogiri masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM dengan penurunan level hingga 30 Agustus. Topik ini menjadi berita utama dalam Koran Solopos hari ini, Selasa (24/8/2021).

Logika Waktu Pendek

Revolusi industri 4.0 menjanjikan banyak kemajuan sekaligus menjanjikan banyak ancaman pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik.

Dipicu Kepala Dandim Dipukul, Anggota TNI Hajar Pemuda Buleleng

Pihaknya mengaku bakal membicarakannya terlebih dahulu dengan berbagai tokoh masyarakat.

Viral, Bupati Banjarnegara Sebut Menteri Luhut Penjahit

Video itu saat pembagian jaring pengaman sosial di Desa Bawang, Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/8/2021).

Ciaaaat... Perguruan Silat Digandeng untuk Operasi Kerumunan

Sasaran yang ditertibkan adalah masyarakat yang berkerumun tanpa mematuhi protokol kesehatan.