SOLOPOS.COM - ilustrasi vaksin (freepik)

Solopos.com, KLATEN — Pelayanan vaksinasi bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Klaten, Jawa Tengah, penuh dengan perjuangan. Berbagai trik dilakukan petugas agar para ODGJ itu mau disuntik vaksin.

Kepala Puskesmas I Cawas Klaten, Novi Tri Susanto, menceritakan kisah penuh tantangan tersebut. Dia mengatakan pihaknya melakukan berbagai cara demi membujuk dan mengiming-imingi para ODGJ dengan uang agar mau mengikuti vaksinasi Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Tugas vaksinasi untuk kaum ODGJ itu penuh tantangan. Ada yang takut, dan petugas ditinggal lari. Ada yang harus dibujuk dan diimingi-imingi uang, baru mau divaksin. Jadi menarik. Kemarin kita suap pasien dengan (uang) Rp10.000,  baru mau divaksin,” tutur dokter Tri, sapaan akrabnya, di sela-sela kegiatan, Kamis (30/9/2021), seperti dikutip dari Jatengprov.go.id, Minggu (3/10/2021).

Baca juga: Waduh! Pagar Sirkuit Mandalika Sempat Dijebol Warga

Program vaksinasi itu dilakukan secara door to door kepada warga yang berkebutuhan khusus. “Kita mulai door to door untuk ODGJ dan disabilitas, karena untuk mereka itu sulit untuk mengondisikan. Apalagi jika harus dibawa ke tempat vaksin, tentu mereka kurang nyaman,” tambahnya.

Novi menambahkan, proses vaksinasi ODGJ itu lebih menantang daripada biasanya. Sebab ada beberapa ODGJ yang menolak disuntik vaksin Covid-19.

“Mereka (ODGJ) itu harus dibujuk untuk mau divaksin. Memang reaksi yang berbagai macam. Sempat kami harus tersesat mencari sasaran vaksinasi,” ujarnya.

Baca juga: Pelajar SLB di Cawas Klaten Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19

Sampai saat ini sudah 20 warga ODGJ dan kaum disabilitas yang mengikuti vaksinasi di Cawas, Klaten. Novi berharap dapat memenuhi target vaksinasi tersebut.

“Ada sekitar 20 warga ODGJ dan disabilitas yang bisa divaksin. Kisarannya mereka adalah terealisasi sekitar 50 persen. Kita (berharap) ke depan bisa memenuhi target sasaran ODGJ di Cawas bisa divaksin semua,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya