Warga Bisa Urus Dokumen Ini, Di Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Kulonprogo

Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) membantu masyarakat Kulonprogo dalam pengurusan dokumen kependudukan.

 Ilustrasi mesin ADM untuk cetak e-KTP (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mesin ADM untuk cetak e-KTP (Antara)

Solopos.com, KULONPROGO — Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) resmi beroperasi di wilayah kabupaten Kulonprogo pada Selasa (21/9/2021) berlokasi di mal pelayanan publik (MPP). Mesin ADM diharapkan mampu membantu masyarakat di wilayah bumi binangun saat ingin melakukan pengurusan dokumen kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kulonprogo Aspiyah mengatakan anjungan dukcapil mandiri merupakan mesin yang berfungsi layaknya anjungan tunai mandiri (ATM). Namun, mesin ini bekerja khusus untuk hal pengurusan berbagai dokumen kependudukan.

“Dokumen yang dapat diurus pada mesin Anjungan Dukcapil Mandiri. Yakni Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Kematian. Mesin ADM dihadirkan untuk mempermudah pelayanan masyarakat terkait data kependudukan,” imbuh Aspiyah pada Selasa (21/9/2021).

Baca juga: Miris, Gadis di Bawah Umur Dijual ke Pria Hidung Belang

Dikatakan Aspiyah, mesin Anjungan Dukcapil Mandiri merupakan hibah pinjam pakai dari pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Mesin ADM merupakan salah satu implementasi dari PERMENDAGRI nomor 7 tahun 2019 tentang pelayanan administrasi kependudukan secara daring.

“Mesin ini dihadiahkan untuk Dukcapil Kulonprogo karena masuk dalam kriteria penduduk rendah. Kurang dari 500 ribu, dan menjadi rangking pertama di Indonesia. Sesuai arahan Dirjen, mesin ADM tersebut harus diletakan di tempat yang banyak orang. Mudah dijangkau, serta operasionalnya terlindung dan tidak terganggu,” kata Aspiyah.

Oleh sebab itu, Disdukcapil Kulonprogo memilih mal pelayanan publik Kulonprogo sebagai tempat untuk menempatkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri. Lokasi MPP dinilai cukup strategis dan kebetulan di MPP juga terdapat layanan untuk Disdukcapil Kulonprogo.

Baca juga: 15.000 Dosis Vaksin Moderna Mulai Disalurkan Kepada Warga Kulonprogo

Pemanfaatan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

“Semoga dengan adanya ADM ini dapat memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat sekaligus bisa memudahkan dan mendekatkan, karena nanti harapan kami masyarakat ini juga sekarang sudah sadar IT, sehingga ADM ini akan berfungsi dengan baik dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kulonprogo,” ujar Aspiyah.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan kehadiran mesin ADM mampu mendorong percepatan kepengurusan dokumen kependudukan di wilayah kabupaten Kulonprogo. Masyarakat diminta untuk memanfaatkan mesin Anjungan Dukcapil Manfaatkan semaksimal mungkin.

“Hari ini dukcapil telah berusaha melengkapi bagian dari kewajibannya melayani rakyat yaitu dengan melengkapi sarana pelayanannya berupa Anjungan Dukcapil Mandiri ini. Kami berharap segenap warga masyarakat bisa mendayagunakan, memanfaatkan fasilitas ini untuk mempercepat, mempermudah proses sehingga layanannya bisa cepat dan mudah dilakukan,” terang Sutedjo.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Aplikasi Disiapkan, Jalan-Jalan di Malioboro Bakal Dibatasi 2 Jam

Pemkot Jogja tengah menyiapkan penerapan aplikasi Sugeng Rawuh untuk membatasi jam kunjungan wisatawan saat jalan-jalan di Malioboro.

Ini Target Waktu Pembebasan Lahan Tol Jogja Solo Seksi 1

Proses pembebasan lahan jalan tol Jogja Solo di Purwomartani, Kalasan sudah menyerap anggaran Rp344 miliar.

Cinta Ditolak, Pemuda Ini Sebar Foto Bugil ABG Gebetan di Medsos

Seorang pemuda tega menyebarkan foto bugil ABG gebetannya di media sosial karena cintanya ditolak.

Waduh! Niat Cari Kerja, ABG di Sleman Jadi Korban Pencabulan Pelaku LSL

Seorang ABG atau remaja di Sleman menjadi korban pencabulan pelaku homoseks laki suka laki atau LSL yang mengiming-imingi pekerjaan.

Misteri Jenazah Mularti di Muara Sungai Opak Bantul, Korban Pembunuhan?

Polisi menyelidiki kematian Mularti, 56, yang ditemukan meninggal di muara Sungai Opak Bantul, Senin (25/10/2021) pukul 11.30 WIB dalam kondisi luka di muka.

Gempa Bantul Pagi Ini, Hanya Terasa 5 Detik

Gempa magnitudo 3,2 di tenggara Kabupaten Bantul hanya dirasakan selama lima detik.

Gempa Bumi M 3,2 di Tenggara Bantul, Pusat Gempa di Darat

Gempa bumi magnitudo 3,2 terjadi di sebelah tenggara Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Selasa (26/10/2021).

GSST Gunungkidul Diselenggarakan dengan Menerapkan Prokes Ketat

Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan GSST mulai Minggu (24/10/2021) hingga Rabu (3/11/2021) di masa pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Longgarkan Aktivitas Masyarakat, Pemkab Gunungkidul Ingatkan Prokes

Pemkab Gunungkidul menghimbau masyarakat untuk selalu taat protokol kesehatan dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi karena pemerintah sudah melonggarkan aktivitas.

Ngeri! Wisatawan Di Bantul Temukan Bangkai Penyu Tanpa Kepala

Seekor penyu cukup besar yang ditemukan mati gegerkan Warga di sekitar Pantai Pandansari, Gadingsari, Sanden, Bantul

Desa Srigading Bantul Perbolehkan Hajatan, Tapi Hanya 50 Orang Tamu

Desa Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, DIY menerapkan aturan tertentu untuk mencegah persebaran Covid-19 dari klaster hajatan, yakni membatasi 50 orang tamu.

Dugaan Penyebab Kematian Pemuda Madiun Tinggalkan Pesan di Indekos

Seorang pemuda asal Kota Madiun, Jawa Timur (Jateng) ditemukan meninggal dunia di kamar indekos di Kabupaten Sleman dengan meninggalkan pesan di secarik kertas.

Pemuda Madiun Ditemukan Meninggal di Indekos Sleman, Begini Pesannya

Seorang pemuda asal Madiun ditemukan meninggal dunia di kamar indekos yang belokasi di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Polresta Jogja Ambil Alih Kasus Pelemparan Bus Arema FC

Polresta Jogja mengambil alih proses penanganan dan pengusutan kasus pelemparan bus Arema FC dari Polsek Gondokusuman yang terjadi beberapa waktu lalu.

Objek Wisata Kulonprogo Buka Terbatas, Pengelola Diminta Bentuk Satgas

Dinas Pariwisata Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) resmi menguji coba 31 objek wisata untuk dibuka secara terbatas pada Sabtu (23/10/2021).

Hasil Swab PCR, 1 Siswa di Sleman Positif Covid-19

Sesuai kebijakan Bupati Sleman, pembelajaran tatap muka di sekolah siswa yang positif Covid-19 ditutup sementara waktu.