SOLOPOS.COM - Ilustrasi mesin ADM untuk cetak e-KTP (Antara)

Solopos.com, KULONPROGO — Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) resmi beroperasi di wilayah kabupaten Kulonprogo pada Selasa (21/9/2021) berlokasi di mal pelayanan publik (MPP). Mesin ADM diharapkan mampu membantu masyarakat di wilayah bumi binangun saat ingin melakukan pengurusan dokumen kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kulonprogo Aspiyah mengatakan anjungan dukcapil mandiri merupakan mesin yang berfungsi layaknya anjungan tunai mandiri (ATM). Namun, mesin ini bekerja khusus untuk hal pengurusan berbagai dokumen kependudukan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dokumen yang dapat diurus pada mesin Anjungan Dukcapil Mandiri. Yakni Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Kematian. Mesin ADM dihadirkan untuk mempermudah pelayanan masyarakat terkait data kependudukan,” imbuh Aspiyah pada Selasa (21/9/2021).

Baca juga: Miris, Gadis di Bawah Umur Dijual ke Pria Hidung Belang

Dikatakan Aspiyah, mesin Anjungan Dukcapil Mandiri merupakan hibah pinjam pakai dari pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Mesin ADM merupakan salah satu implementasi dari PERMENDAGRI nomor 7 tahun 2019 tentang pelayanan administrasi kependudukan secara daring.

“Mesin ini dihadiahkan untuk Dukcapil Kulonprogo karena masuk dalam kriteria penduduk rendah. Kurang dari 500 ribu, dan menjadi rangking pertama di Indonesia. Sesuai arahan Dirjen, mesin ADM tersebut harus diletakan di tempat yang banyak orang. Mudah dijangkau, serta operasionalnya terlindung dan tidak terganggu,” kata Aspiyah.

Oleh sebab itu, Disdukcapil Kulonprogo memilih mal pelayanan publik Kulonprogo sebagai tempat untuk menempatkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri. Lokasi MPP dinilai cukup strategis dan kebetulan di MPP juga terdapat layanan untuk Disdukcapil Kulonprogo.

Baca juga: 15.000 Dosis Vaksin Moderna Mulai Disalurkan Kepada Warga Kulonprogo

Pemanfaatan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

“Semoga dengan adanya ADM ini dapat memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat sekaligus bisa memudahkan dan mendekatkan, karena nanti harapan kami masyarakat ini juga sekarang sudah sadar IT, sehingga ADM ini akan berfungsi dengan baik dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kulonprogo,” ujar Aspiyah.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan kehadiran mesin ADM mampu mendorong percepatan kepengurusan dokumen kependudukan di wilayah kabupaten Kulonprogo. Masyarakat diminta untuk memanfaatkan mesin Anjungan Dukcapil Manfaatkan semaksimal mungkin.

“Hari ini dukcapil telah berusaha melengkapi bagian dari kewajibannya melayani rakyat yaitu dengan melengkapi sarana pelayanannya berupa Anjungan Dukcapil Mandiri ini. Kami berharap segenap warga masyarakat bisa mendayagunakan, memanfaatkan fasilitas ini untuk mempercepat, mempermudah proses sehingga layanannya bisa cepat dan mudah dilakukan,” terang Sutedjo.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya