Wonogiri akan Gelar Seleksi Perangkat Desa, Seperti Ini Aturan Mainnya

Sebanyak 485 jabatan perangkat desa yang kosong di 251 desa di Wonogiri akan dilakukan evaluasi, pencermatan, dan pemetaan.

 Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, memberi arahan kepada kepala desa terkait seleksi perangkat desa 2021 Ruang Khayangan, Setda Wonogiri, Senin (13/9/2021). 
(Istimewa-Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Wonogiri)

SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, memberi arahan kepada kepala desa terkait seleksi perangkat desa 2021 Ruang Khayangan, Setda Wonogiri, Senin (13/9/2021). (Istimewa-Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI –Sistem seleksi perangkat desa 2021 Kabupaten Wonogiri akan mengacu pada seleksi perangkat desa di kabupaten itu pada 2018. Seleksi pada tahun itu dinilai sukses dan mampu meredam kerusuhan dan kegaduhan dalam mengisi kekosongan perangkat desa.

“Ada beberapa regulasi yang kami sampaikan kepada para kepala desa sekaligus sosialisasi. Agar saat pelaksanaan pengisian seleksi perangkat desa nanti berada dalam satu pemahaman yang sama,” kata Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, saat memberi arahan ke sejumlah kepala desa terkait persiapan pengisian kekosongan perangkat desa di Ruang Khayangan, Sekretariat Daerah Wonogiri, Senin (13/9/2021).

Bupati yang akrab disapa Jekek itu mengatakan sejumlah regulasi yang disampaikan yakni aspek wilayah kerja, beban kerja dan kemampuan anggaran pendapatan dan belanja desa (APB desa) sebagai nomenklatur yang digunakan untuk anggaran pembayaran penghasilan tetap (siltap).

Baca juga: Jos! 18.300 Warga Wonogiri Divaksin Covid-19 Dalam Sehari

Sebanyak 485 jabatan perangkat desa yang kosong di 251 desa akan dilakukan evaluasi, pencermatan dan pemetaan. Usulan dari kepala desa itu didorong untuk mempertimbangkan aspek wilayah kerja dan penggabungan teritorial.

“Usulan akan kami cermati terkait masalah beban kerja. Satu kepala dusun harus mengkoordinasi 300 kepala keluarga. Semua usulan harus disesuaikan dengan kemampuan dana desa sebagai sumber untuk pembayaran Siltap,” ungkap dia.

Perampingan perangkat desa, kata Jekek, sesuai dengan Permendagri No. 67/2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. Struktur organisasi yang diatur dalam regulasi itu yakni minim struktur kaya fungsi.

Baca juga: Sekolah di Wonogiri Boleh Gelar PTM Akhir Bulan ini, Tapi… 

Ia mengaku belum mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) sebagai regulasi pelaksanaan kegiatan seleksi perangkat desa. Ia lebih memilih mensosialisasikan rencana kegiatan kepada para kades secara tatap muka. Tidak hanya sebatas mengeluarkan Perbup, subtansi dari kegiatan harus dipahami kades.

“Tadi kami diskusi dengan para kades. Mereka meminta agar seleksi perangkat desa tetap berkoordinasi dengan pemda seperti yang sudah dilaksanakan pada 2018. Sebenarnya ini wewenang desa. Karena pada saat itu tidak ada kegaduhan dan dianggap sukses,” ujar dia.

Memenuhi Akuntabilitas Publik

Pada seleksi perangkat desa 2018, lanjut Jekek, ada 718 formasi. Semangat Pemkab Wonogiri untuk membangun infrastruktur pemerintah yang kuat dan ideal harus dimulai dengan pola perurutan. Pola itu harus memenuhi akuntabilitas publik.

“Dalam seleksi itu ada proses uji kompetensi. Semua pihak bisa mengawasi. Alhamdulillah sukses tidak ada kejadian yang mencederai proses seleksi [korupsi, kolusi dan nepotisme],” papar dia.

Baca juga: Ortu Kudu Waspada! Begini Cara Pengedar Jual Obat Keras ke Pemuda Wonogiri

Menurut dia, proses seleksi perangkat desa semacam itu merupakan inisiatif dari pemkab. Seleksi dikoordinasi oleh Pemda. Semua pihak bisa turut terlibat dalam pengawasan, seperti Kapolsek, Camat dan unsur lainnya.

“Jadwal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, nanti Desember 2021 sudah terbit SK. Ya berarti satu bulan lagi, Oktober sudah bisa digelar seleksinya,” kata Jekek.


Berita Terkait

Berita Terkini

UNS Solo Dampingi IKM di Laweyan Penuhi Syarat SNI Batik

RG RITE Fakultas Teknik UNS Solo memberikan pendampingan kepada IKM Batik Pandono di Laweyan, Solo, agar memenuhi syarat sertifikasi batik.

Jadwal Pemadaman Listrik Sragen Hari Ini (25/10/2021), Mana Saja?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Sragen, Jawa Tengah, hari ini, Senin (25/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam.

Jadwal Pemadaman Listrik Solo dan Karanganyar Hari Ini (25/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Solo dan Karanganyar hari ini, Senin (25/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam.

Kwarcab Pramuka Boyolali Targetkan 1.000 Pembina Bersertifikat KMD

Sertifikasi pembina pramuka menjadi urgen menyusul kegiatan kepanduan ini menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah yang menerapkan kurikulum 2013.

Suharno, Peternak Sukses Klaten Punya Kambing Etawa Dihargai Rp300 Juta

Suharno mengakui salah satu kambing etawa pejantan miliknya dihargai hingga Rp300 juta.

Berharap Showroom Bersama Kampung Batik Kauman Solo Dihidupkan Lagi

Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Paguyuban Kampung Wisata Batik Kauman berharap showroom bersama produk batik lokal dihidupkan lagi.

Canon Mati Seusai Ditangkap Satpol PP Aceh, SAS Solo Tuntut Pengusutan

Komunitas Sahabat Anjing Surakarta menuntut pengusutan tuntas kasus anjing bernama Canon yang mati setelah ditangkap Satpol PP di Aceh.

Pemkot Solo Perbarui Kerja Sama Sister City dengan Xian & Zhuhai China

Kerja sama sister city antara Solo dengan dua kota di China diperbarui karena adanya perubahan aturan pada Peraturan Pemerintah.

Kambing Etawa Bikin Milenial Klaten Tertarik Geluti Peternakan

Menggeliatnya peternak kambing etawa di Klaten semakin menggaet kalangan milenial untuk menggeluti usaha bidang peternakan.

Harga Fantastis, Kambing Etawa Jadi Primadona Baru Peternak di Klaten

Meningkatnya jumlah peternak kambing etawa itu menyusul belakangan harga jual kambing tersebut kian fantastis.

SGS 2021, Panitia Yakin Target Rp800 M Tercapai Sebelum Akhir Bulan

Target transaksi Solo Great Sale atau SGS 2021 hingga akhir pekan ini tercapai Rp501 miliar dari total target Rp800 miliar pada akhir bulan nanti.

Ingin Dolan ke TSTJ Solo? Pengunjung Wajib Perhatikan Sejumlah Hal ini

Meski ada kelonggaran, sejumlah aturan tetap harus diperhatikan oleh para pengunjung objek wisata kebun binatang TSTJ Solo.

Rusak, Jl Duwet Raya di Perbatasan Solo-Sukoharjo-Karanganyar Direhab

Pemkot Solo memperbaiki Jl Duwet Raya di perbatasan Solo-Sukoharjo-Karanganyar yang selama beberapa tahun terakhir rusak dan banyak lubang.

Banteng vs Celeng, PDIP Klaten Madep Mantep dengan Megawati

Ketua DPC PDIP Klaten, Sri Mulyani, mengatakan tidak ada dukung mendukung di internal PDIP Klaten dengan narasi banteng vs celeng.  

Siap-Siap! 29 Sekolah Lagi di Solo bakal Dites Swab Acak

Tes swab PCR secara acak di lingkungan bakal digelar di Kota Solo dengan sasaran 29 sekolah jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat.