Tutup Iklan

Yuk, Rayakan Bulan Gemar Membaca dengan 5 Cara Seru Ini

Berdasarkan survei indeks kajian membaca tahun 2020 dari Perpusnas, indeks kegemaran membaca Indonesia terus meningkat.

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Tahukah kamu? Bulan September ini merupakan Bulan Gemar Membaca, lho. Momen spesial ini dicanangkan oleh pemerintah pada tahun 1995 lalu dalam upaya meningkatkan aktivitas membaca masyarakat di seluruh Indonesia.

Berdasarkan survei indeks kajian membaca tahun 2020 dari Perpusnas, indeks kegemaran membaca Indonesia terus meningkat dan telah masuk ke dalam kategori sedang dengan angka 55,74%. Selain itu, jumlah perpustakaan di Indonesia per tahun 2020 juga telah mencapai 164.610 perpustakaan.

Selain memperluas ilmu dan pengetahuan, membaca buku ternyata memiliki sederet manfaat lainnya, seperti memperkaya perbendaharaan kata, melatih fokus dan konsentrasi, meningkatkan daya ingat, menurunkan risiko stres, serta tentunya mengasah kreativitas. Jadi, siapa di antara kamu yang masih malas membaca?

Baca juga: 7 Warna Cat Dinding yang Bikin Kamar Jadi Lebih Nyaman

Yuk, kita jadikan membaca sebagai salah satu hobi yang menyenangkan sembari menikmati sederet promo ShopeePay Super Online Deals dari tanggal 15-21 September ini. Mulai dari cashback hingga 100%, Flash Sale Rp10 dari 15-18 September, hingga ShopeePay Deals Rp1 dari tanggal 19-21 September, dijamin dapat membuatmu lupa waktu bersama buku. Berikut 5 tips untuk meningkatkan semangat dan minat membaca:

Ciptakan suasana nyaman

Salah satu cara paling ampuh untuk membantumu fokus dan tidak terganggu dalam membaca adalah dengan menciptakan suasana yang nyaman. Singkirkan ponselmu agar kamu tidak terdistraksi dengan notifikasi yang muncul di tengah-tengah waktu membaca. Pesan berbagai macam camilan agar kamu semakin betah di dalam suasana membaca yang nyaman. Lengkapi juga sesi membacamu dengan kopi kekinian favorit dari Kopi Kenangan, Maxx Coffee, Fore Coffee, dan Jiwa+ dengan menggunakan promo ShopeePay Super Online Deals agar semakin hemat.

Sesuaikan buku dengan hal atau hobi yang kamu sukai

Kini ada beragam jenis buku yang bisa kita nikmati sesuai dengan hobi dan hiburan. Buku seputar dunia fesyen, make up, dan beauty juga sudah tidak asing lagi. Biasanya buku-buku tersebut membahas seputar perkembangan tren dan industri, hingga teknik-teknik dalam ilmu tata rias. Selain itu, banyak juga buku yang didedikasikan untuk para gamers, lho. Buku-buku tersebut biasanya diterbitkan untuk menjawab tantangan dari game-game terkait dan kerap membagikan rahasia, tips, dan trik spesial yang bisa diterapkan ketika memainkan game.

Baca juga: Sering Kelelahan di Sore Hari? Lakukan 6 Cara Ini Agar Kembali Bersemangat

Bacalah buku yang membahas soal hobimu untuk meningkatkan minat bacamu. Setelah itu, kamu bisa langsung mempraktikkan teori yang kamu pelajari di platform hobi dan hiburan favoritmu seperti Upoint, Vogaon, Ximpay untuk yang hobi gaming, membeli peralatan make up kekinian di Sociolla dan BLP Beauty bagi para pecinta beauty, atau mengasah skill masak menggunakan berbagai bahan segar dari Yogya Online, Tanihub, serta Pasarnow.

Bertukar buku dengan teman

Rayakan semangat membaca buku dengan mengajak sahabat-sahabatmu melalui kegiatan seru dengan bertukar buku. Kegiatan ini bisa mendorong kamu untuk mengeksplorasi lebih banyak jenis buku lagi. Selain itu, kamu juga bisa membentuk klub buku di lingkungan sekitarmu yang memiliki ketertarikan yang sama. Tentukan topik untuk pilihan buku setiap bulannya agar kegiatan tukar buku semakin menarik. Kamu bisa mengirim buku favoritmu untuk sahabatmu dengan menggunakan jasa logistik Anteraja, Paxel, atau bahkan Cabaca jika kamu ingin mencoba pengalaman buku digital.

Baca juga: Stres Akibat Pandemi? Kamu Bisa Nikmati Perawatan Self-Care dengan ‘Salon di Rumah’ Berikut Ini!

Eksplor referensi seluar-luasnya

Apabila kamu kesulitan untuk mengumpulkan niat untuk membaca, perluaslah referensi menggunakan berbagai macam sumber. Kamu bisa mengintip akun-akun komunitas pecinta buku untuk mengetahui rekomendasi buku terbaru sesuai dengan seleramu. Selain itu, eksplorasi juga platform-platform lain untuk menemukan preferensimu, mulai dari blog pribadi, forum-forum komunitas, hingga podcast yang berfokus pada review buku terkini. Kamu bisa memanfaatkan situs edukasi, seperti Zenius dan Englishnesia sebagai referensi pembelajaran agar pengetahuanmu semakin luas.

Membuat target membaca

Tips terakhir ini dapat kamu terapkan untuk meningkatkan motivasi membacamu. Buatlah target membaca mulai dari per minggu, per bulan, hingga per tahun. Cara ini cukup efektif untuk diterapkan terlebih bagi kamu yang belum menjadikan aktivitas membaca sebagai sebuah hobi. Agar semakin memicu semangatmu, tentukanlah hadiah setiap kamu berhasil mencapai target baru. Kamu bisa cari inspirasi self-reward dari Belamy Store, Dresssofia, dan Footfit.

Lima tips jitu di atas dapat menjadi langkah awalmu untuk terus meningkatkan aktivitas membaca. Jangan lupa manfaatkan promo ShopeePay Super Online Deals dari tanggal 15-21 September 2021 agar semakin hemat.

Selain sederet merchant yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa menikmati promo cashback hingga 100% saat melakukan transaksi online di IndoGold, Tiket.com, Viu, Niki Jeans, Alfagift, Garuda Voucher, Aido Health, dan masih banyak lagi. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai ShopeePay Super Online Deals di tautan ini. Selamat membaca!

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Duh! Pemotor Maling Celana Dalam Wanita, Netizen Malah Salahkan Pemilik

Si pelaku yang mengendarai motor jenis matic dan mengenakan helm menarik celana dalam wanita yang dijemur di depan rumah.

Berat Badan Tentukan Risiko Terkena Flu, Ini Penjelasannya

Sebenarnya, orang-orang dari semua kelompok umur sama-sama punya risiko terkena flu.

Profil Ika Masriana, Tiktoker yang Di-bully Gegara Tanda Lahir di Wajah

Berikut profil tiktoker Ika Masriana yang di-bully lantaran memiliki tanda lahir di wajahnya dan pernah disebut mirip monyet.

Salut! Demi ke Sekolah, Bocah Ini Lewati Laut dengan Styrofoam

Untuk menuju sekolah, seorang bocah diketahui memanfaatkan busa kotak putih atau styrofoam untuk menopang tubuhnya saat mengarungi laut.

Ngeden Ternyata Memicu Pendarahan Otak, Waspada!

Tips kesehatan kali ini membahas tentang efek mengejan yang bisa memicu pendarahan otak.

Cara Mudah Atasi Tabung Gas Mendesis atau Bocor

Tidak perlu panik bila menghadapi masalah tabung gas mendesis atau bocor. Berikut ini beberapa cara mengatasi masalah itu.

Ibu Positif Covid-19, Bolehkan Berikan ASI Eksklusif ke Buah Hati?

Diperlukan dukungan baik kepada ibu menyusui agar tetap memberikan ASI eksklusif kepada bayinya apa pun status kesehatan sang ibu.

Hari Paru Sedunia 2021, Momen Kampanye Kesehatan Paru

Kesehatan paru-paru dan saluran pernapasan masih menjadi perhatian dunia.

Setor Tunai Sampai Bikin 5 Teller Kerepotan, Jumlah Uangnya Bikin Warganet Halu

Alhasil sejumlah warganet pun mempertanyakan mengapa nasabah tersebut tak dilayani di loket khusus setoran tunai di atas Rp50 juta.

Dialami Tukul Arwana, Apakah Pendarahan Otak Bisa Sembuh?

Seperti dialami presenter Tukul Arwana, kira-kira apakah pendarahan otak bisa sembuh? Begini jawaban dari dokter.

Sering Minum Multivitamin Setiap Hari? Waspadai Efeknya

Tak sedikit orang berpikir bahwa minum multivitamin setiap hari bermanfaat untuk kesehatan tubuh mereka.

Viral! Formulir Pekerjaan Berisi Syarat Mesum, Disuruh Foto Tak Senonoh

Seorang pelamar kerja mendapatkan sesuatu yang tak wajar saat mengisi formulir, dia mendapati pertanyaan berbau pornografi.

Miris! Tiktoker Cantik ini Dibully Gegara Miliki Tanda Lahir di Wajah

Meski mempunyai wajah rupawan, Tiktoker Ika Masriana sering mendapatkan bully-an lantaran memilliki tanda lahir di mukanya.

Reaksi Wanita Ini Saat Dijodohkan dengan Tetangganya Viral di TikTok

Video wanita yang dijodohkan dengan tetangganya ini memperlihatkan momen pertama mereka bertemu.

5 Faktor Ini Tentukan Tingkat Keparahan Efek Traumatis Anak Korban Kekerasan Seksual

Namun efek traumatis yang dirasakan setiap anak korban seksual berbeda-beda, tergantung sejumlah faktor.

Bukan Hanya Alga, Bahan Pangan Ini Diprediksi Jadi Makanan Masa Depan Manusia

Alga yang sudah berbentuk kapsul itu dianggap menjadi makanan masa depan karena dianggap praktis untuk dikonsumsi.