SOLOPOS.COM - Mensos Tri Rismaharani melakukan bersih-bersih sekaligus ziarah ke Makam Bung Karno, Sabtu (23/10/2021). (Detik.com)

Solopos.com, BLITAR — Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, datang ke Kota Blitar, Jawa Timur (Jatim) untuk melakukan ziarah ke Makam Bung Karno, Sabtu (23/10/2021).

Di makam Presiden I Republik Indonesia itu, Mensos Risma juga melakukan penanaman puluhan tanaman hias di lokasi tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dikutip dari Detik.com, Risma datang ke Makam Bung Karno di Blitar sekitar pukul 15.30 WIB. Ia disambut Wali Kota Blitar, Santoso, yang didampingi Sekda Blitar, Priyo Suhartono, dan Plt Kadisparbudpora Blitar, Tri Iman Prasetyono.

Baca juga: Kemensos Bakal Bikin Rusunawa Istimewa di Solo, Mensos Risma: Biar Warga Tak Merantau ke Jakarta

Seusai berbincang sebentar, Risma langsung menuju nisan Makam Bung Karno untuk melakukan ziarah dan memanjatkan doa.

Tak lama kemudian, Risma mulai berjalan mengelilingi area Makam Bung Karno. Ia pun kemudian memberikan instruksi kepada petugas kebersihan untuk membersihkan segenap penjuru Makam Bung Karno dan menanam bunga yang cocok di setiap sudut.

“Marmer ini bahannya, gak bisa kalau hanya digosok tanpa pembersih. Gosok sampai tiga kali, biar kinclong sampai bisa buat bercermin,” begitu arahan Risma kepada petugas kebersihan dari Kemensos, seperti dikutip dari Detik.com, Sabtu (23/10/2021).

Kegiat bersih-bersih di Makam Bung Karno ini, menurut Risma, merupakan tanggung jawab Kementerian Sosial dalam hal perawatan makam pahlawan.

“Sejak tahun 1979 di sini [Makam Bung Karno] belum pernah tersentuh maintenance Kemensos. Jadi baru kali ini kita lakukan, agar aura Makam Bung Karno ini semakin hidup,” tambahnya.

Baca juga: PPKM Turun ke Level 2, Wisata Makam Bung Karno di Blitar Mulai Dibuka

Risma menambahkan, karena banyak titik lighting baru yang terpasang, otomatis akan menambah beban biaya operasional Makam Bung Karno. Untuk itu, Kemensos akan membantu dana operasional sebagai konsekuensi perawatan yang dilakukan.

“Saya sudah koordinasi dengan Wali Kota Blitar tadi. Ya nanti ke depan kita akan bantu operasionalnya supaya tidak terlalu berat. Ya kita berbagi begitu,” jelas Risma.

Plt Kadisparbudpora Pemkot Blitar, Tri Iman Prasetyono, mengapresiasi upaya pemeliharaan Makam Bung Karno yang dilakukan Kemensos.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian Kemensos. Selama ini kami rutin melakukan perbaikan hanya setahun sekali, tergantung besaran dana APBD yang turun. Nah dengan turunnya Kemensos ini, selain kami bakal dibantu biaya operasional, nanti juga akan diperbantukan staf Kemensos untuk ikut mengurus kebersihan Makam Bung Karno,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya