SOLOPOS.COM - Ilustrasi bergosip (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Di bawah ini terdapat doa ketika Anda terlanjur ghibah alias menggosipkan orang lain dalam ajaran Islam, yang dilengkapi dengan latin dan artinya.

Ghibah merupakan salah satu perbuatan yang dilarang dalam Islam. Bahkan, menggunjingkan orang lain termasuk perbuatan dosa besar dalam Islam.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Allah menyamakan orang yang menggunjingkan orang lain seperti makan bangkai orang yang digunjingi tersebut. Allah berfirman dalam surah Al-Hujarat ayat 12 yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.”

Baca Juga:  Biodata Mbah Minto, Artis Parodi Gagal Mudik yang Meninggal Dunia

Maka dari itu, ketika Anda terlanjur ghibah atau menggosipkan orang lain, alangkah baiknya untuk memohon ampunan kepada Allah SWT lewat doa dan juga meminta maaf kepada yang Anda gunjingkan.

Dikutip dari portal Bincansyariah.com, berikut ini bacaan doa ketika Anda terlanjur menggunjingkan orang lain.

Baca Juga: Kisah Misteri Pesantren Jin di Sragen, Ada Asrama Gaibnya Juga

Allohummagfir lanaa wa lahuu.

Artinya: Ya Allah, ampunilah kami dan ampunilah dia (orang yang dighibahi).

Baca Juga:  Mitos Warga Daerah Ini Dilarang Mendaki Gunung Lawu, Apa Alasannya?

Doa terlanjur ghibah yang ada artinya di atas bersumber dari hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaqi dalam kitab Al-Da’awat Al-Kabir dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda;

“Sesungguhnya sebagian kafarat ghibah adalah kamu mendoakan ampunan atas orang kamu ghibahi dengan mengucapkan; Allohummaghfir lanaa wa lahuu.”

Baca Juga:  Syuting di Pengungsian Semeru, Warga Lumajang Boikot Sinetron Ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya