SOLOPOS.COM - Yusuf Mansur. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ustaz Yusuf Mansur adalah salah satu dai di Indonesia yang terkenal dengan ceramahnya tentang keajaiban sedekah. Konsep sedekah dalam pandangannya tertuang dalam buku bertajuk The Miracle of Giving.

Buku tersebut mendeskripsikan matematika sedekah ala Yusuf Mansur. Dikutip Solopos.com, Selasa (21/12/2021), ayah Wirda Mansur itu menekankan sedekah yang dilakukan harus dilandasi dengan keikhlasan dan keyakinan yang diniatkan untuk ibadah. Dengan keikhlasan, manusia tidak boleh mengharapkan imbalan apapun dari sedekah yang dikeluarkan, kecuali keridhaan Allah.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Ustaz Yusuf Mansur juga mengingatkan semua hal yang dilakukan dengan niat ibadah akan memberikan jaminan hidup berupa kekayaan, ketengan, serta kesejahteraan. Adapun rumus yang diterapkan adalah Allah dulu, Allah lagi, Allah terus.

Baca juga: Cerita Ustaz Yusuf Mansur Lunasi Utang Rp1,4 Miliar dengan Sedekah

Dalam kaitannya dengan konsep tersebut, matematika sedekah ala Yusuf Mansur adalah rumus sederhana. Poinnya adalah setiap sedekah yang dilakukan dengan harta yang dimiliki akan dilipatgandakan 10 kali oleh Allah atau bahkan lebih.

Dalam konsep Yusuf Mansur, setiap orang yang bersedekah hanya boleh mengharap balasan dari Allah. Menuntut pamrih dalam bersedekah adalah hal yang tidak diperkenankan, karena sedekah adalah bentuk ibadah yang mestinya dilakukan dengan penuh keikhlasan.

Dalam konsep keajaiban sedekah, Yusuf Mansur menganjurkan setiap orang untuk bersedekah jika menginginkan kekayaan, kebahagiaan, rezeki, dan kebaikan lainnya. Selain itu, konsep sedekah yang dikemukakan Yusuf Mansur tidak selalu menggunakan harta berupa uang akan tetapi bisa menggunakan jasa.

Baca juga: Keajaiban Sedekah Yusuf Mansur: Jemaah Datang Naik Mobil-Pulang Ngojek

Lunasi Utang dengan Sedekah

Menurutnya sedekah adalah ibadah sunnah yang apabila dilakukan secara istiqomah, maka akan mendapatkan segala sesuatu yang diinginkan manusia. Yusuf Mansur bahkan sempat menceritakan keberhasilannya melunasi utang Rp1,4 miliar dengan sedekah.

“Jadi waktu itu saya punya utang Rp1,4 miliar. Nah, bagaimana caranya supaya itu utang lunas? Saya dan istri buat formula supaya itu utang lunas. Jadi saya harus bersedekah 10 persen per puluhan dari utang itu,” kata Ustaz Yusuf Mansur saat menyampaikan keajaiban sedekah dalam acara Aqiqah Berjamaah bersama Jood Ali Jaber binti Syekh Ali Jaber yang digelar secara virtual pada 2018, seperti dikutip dari NU Online, Selasa (21/12/2021).

Itulah sebabnya banyak jemaah Yusuf Mansur yang rela bersedekah bahkan sampai menghabiskan banyak harta. Suatu ketika ada jemaah pengajian Yusuf Mansur yang datang membawa mobil lalu pulang naik ojek. Usut punya usut ternyata mobil tersebut disedekahkan di acara pengajian tersebut.

Baca juga: Ustaz Yusuf Mansur Digoyang Tudingan Investasi Bodong Batu Bara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya