SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menengok politikus senior itu bersama Ketua DPW PAN DKI Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio, Jumat (3/12/2021). (Antara)

Solopos.com, SOLO — Di bawah ini terdapat profil atau biodata singkat dari Haji Lulung, politisi PPP yang meninggal dunia hari ini, Selasa (14/12/2021).

Pria yang memiliki nama asli Abraham Lunggana ini meninggal dunia pukul 10.51 WIB setelah menjalani perawatan di RS Harapan Kita karena serangan jantung.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Kabar duka ini disampaikan langsung oleh anggota DPR RI dari Fraksi PPP, Achmad Baidowi. “Baru saja kabar duka cita. Ketua DPW PPP DKI abangda Haji Lulung meninggal dunia pada Selasa, 14 Desember 2021 Jam 10.51 WIB di RS Harapan Kita. Kabar tersebut kami terima dari teman pengurus DPW DKI Jakarta,” ujar Baidowi kepada wartawan, seperti diberitakan Solopos.com pada Selasa (14/12/2021).

Baca Juga: Juru Kunci Gunung Lawu Ada 11, Apa Saja Tugasnya?

Terkait berita duka tersebut, banyak yang penasaran siapa profil atau biodata dari Haji Lulung?

Berikut ini profil atau biodata singkatnya, yang dirangkum dari Okezone.com dan Suara.com.

Baca Juga: Ahmad Dhani-Mulan Karantina di Rumah Seusai dari Turki, Kok Bisa?

Profil Haji Lulung

1. Keluarga Haji Lulung

Profil pertama dari Haji Lulung ini mengulas tentang keluarganya.

Haji Lulung memiliki seorang istri bernama Emma Mutmainah, yang merupakan putri dari KH Abdullah Syafi’i, pendiri Perguruan Islam Asy-Syafiiyyah.

Dari pernikahannya dengan Emma, Haji Lulng dikarunai tiga orang anak, yakni Guruh Tirta Lunggana, Lista Puspita Indah dan Sutera Cendika Gana Cipta.

Baca Juga:  Dicap Artis Penebar Kebencian, Muncul Petisi Boikot Nikita Mirzani

2. Karier Politik Haji Lulung

Profil kedua dari Haji Lulung ini menginformasikan tentang perjalanan kariernya di dunia politik.

Dia pernah bergabung di tiga partai, yakni Partai Bintang Reformasi pada 2002, kemudian masuk ke Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional (PAN). Dia pernah menjabat Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari September 2009-27 November 2018 dan menjadi anggota DPR RI masa jabatan 2019-2021.

Baca Juga:  Tikus Pithi Noto Baris, Apa Sih Artinya?

3. Seorang Pengusaha

Profil ketiga dari Haji Lulung ini membeberkan fakta tentang dirinya yang seorang pengusaha.

Ia tercatat memiliki beberapa perusahaan, seperti PT Putraja Perkasa, PT Tirta Jaya Perkasa, Koperasi Kobita, PT Tujuh Fajar Gemilang, dan PT Satu Komando Nusantara.

Baca Juga: Jenang Bekatul dan Burung Tekukur, Cikal Bakal Lahirnya Karanganyar

4. Kontroversi Haji Lulung

Profil keempat dari Haji Lulung ini mengungkap beberapa kontroversi yang pernah ia buat.

Dia pernah menghebohkan publik ketika membawa mobil mewah Lamborghini saat terpilih jadi anggota DPRD DKI Jakarta 2014-2019. Selain itu, ia juga pernah berselisih dengan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Baca Juga:  Mbah Dipo Telah Tiada, Siapa Pengganti Juru Kunci Gunung Semeru?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya