SOLOPOS.COM - Kondisi koridor Jl. Jenderal Sudirman Solo, Senin (16/3/2020), terpantau sepi. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, SOLO — Kira-kira cukup enggak sih dengan gaji Rp2 juta hidup di Kota Solo, Jawa Tengah?

Kota yang dipimpin oleh Gibran Rakabuming Raka ini diklaim sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Bahkan, ada yang mengaku bisa makan kenyang dengan Rp10.000 saja di Kota Solo. “Saya punya satu tempat favorit makan saat tanggal tua di Nusukan [Banjarsari] yang dengan uang Rp10.000 sudah bisa makan dengan nasi, sayur, sambal, lauk tempe, dan minuman teh hangat,” ujar salah satu pendatang dari luar Solo, Muhammad S kepada Solopos.com, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Oalah, Ini Ternyata Arti Nama dari Sragen

Biaya hidup murah di Kota Solo ini juga dibenarkan oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, BRM Bambang Irawan. “Memang Solo itu kalau dibandingkan kota seperti Jakarta, Semarang, Bandung, Surabaya, atau Jogja, memang paling rendah [biaya hidup]. Sebab Jogja, Semarang, dan kota-kota itu semua kota provinsi,” terangnya, seperti diberitakan Solopos.com sebelumnya.

Dengan Upah Minimum Kota (UMK) 2021 sebesar Rp2.013.810, apakah cukup hidup di Solo dengan gaji Rp2 juta?

Baca Juga:  Serunya Asmirandah Liburan di Candi Cetho Karanganyar, Ini Foto-fotonya

Mengutip artikel dari portal asuransi Lifepal.co.id, gaji Rp2 juta ternyata cukup untuk tinggal di Solo dengan catatan masih lajang.

Untuk biaya indekos atau sewa tempat tinggal, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp500.000 per bulan. Sedangkan untuk sekali makan hanya dibutuhkan anggaran Rp10.000 saja.

Baca Juga:  Video Siswi di Kudus Bugil 30 Detik Bikin Heboh, Hanya Dibalut Selimut

Jika ditotal-total kebutuhan utama (tempat tinggal dan makan) di Solo, kamu cukup mengeluarkan Rp1,4 juta saja. Untuk keperluan lainnya, seperti bensin dan internet, Anda bisa menyesuaiakannya.

Selain itu, untuk masalah transportasi di Solo, Anda tak perlu khawatir. Hingga sekarang, Senin (22/11/2021), transportasi umum bus Batik Solo Trans atau BST masih memasang tarif 0 rupiah alias gratis.

Baca Juga:  Dipelihara Konglomerat Sukoharjo, Berapa Harga Harimau Benggala?

Lalu, bagaimana dengan gaji Rp2 juta untuk yang sudah berkeluarga?

Menurut situs portal pendidikan dan karir, Renesia.com, biaya hidup untuk keluarga di Solo ternyata rata-rata adalah Rp3,5 juta per bulan dengan jumlah anggota keluarga sebanyak tiga.

Baca Juga:  Kenapa Sragen Dijuluki Bumi Sukowati, Ada yang Tahu?

Bagaimana, tertarik untuk tinggal di Solo?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya